Latar Belakang Terbentuknya Forum Muda

1 Comments




Pelatihan  Kepemimpinan Mahasiswa yang dilaksanakan DEMA FTK (Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) memberikan ilmu - ilmu dasar tentang organisasi dan kepemimpinan. DEMA FTK, khususnya Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa, mengingat tugas dan fungsinya, menyadari perlunya binaan lanjutan kepada mahasiswa baru yang mengikuti pelatihan kepemimpinan agar ilmu yang mereka dapatkan saat pelatihan dapat diaplikasikan, tidak hilang begitu saja. 

Mahasiswa baru pada umumnya masih belum memiliki organisasi atau wadah untuk mereka mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat, tidak sama dengan mahasiswa lama yang sudah memiliki organisasinya masing – masing, sehingga bisa mengaplikasin ilmu yang didapat saat pelatihan ke dalam organisasi yang mereka ikuti, maka dari itu DEMA FTK membentuk program binaan untuk mahasiswa baru yang berbentuk forum, diberi nama Forum Muda FTK (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). 

Ada 2 yang menjadi dasar pembentukan Forum Muda FTK, yaitu hak otonom yang dimiliki DEMA-F dan budaya organisasi UIN Antasari Banjarmasin. 

1) Berdasar pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 4961 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, DEMA-F memiliki hak otonom untuk membuat sebuah program kerja lingkup internal Fakultas. Otonom disini berarti DEMA-F memiliki wewenang untuk melaksanakan program kerja sesuai dengan keperluan mahasiswa fakultas, namun juga punya kewajiban memberikan laporan perkembangan program kepada pihak Dekan.

Forum Muda FTK merupakan program kerja DEMA FTK yang berangkat dari keperluan mahasiswa fakultas, terkhususnya mahasiswa baru, untuk mengembangkan ilmu, soft skill, dan karakter kepemimpinan setelah ikut pelatihan kepemimpian, agar mereka tidak gagap dengan administrasi serta manajemen organisasi saat berproses di organsiasi yang selanjutnya diikuti; 

2). Terbentuknya Forum Muda FTK juga tidak lepas dari budaya setiap organisasi di UIN Antasari Banjarmasin, DEMA UIN Antasari dengan Fosma (Forum Silaturahmi Mahasiswa), DEMA Fakultas Syariah dengan ASRI (Anak – anak Syariah), DEMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan KM-FEBI (Kepemimpinan Mahasiswa – Fakultas Ekomomi dan Bisnis Islam), DEMA Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan KPD (Komunitas Payung Dakwah), dan DEMA Fakultas Ushuluddin dan Humaniora dengan KAMUSH (Komunitas Mahasiswa Ushuluddin dan Humaniora), mereka yang tergabung disana bukan berarti memiliki tiket emas menjadi anggota DEMA selanjutnya, seperti anggapan mahasiswa  selama ini, namun mereka dibina untuk bisa dijadikan role model untuk mahasiswa baru dalam berorganisasi karena mereka dibina untuk memahami administrasi dan manajemen organisasi sehingga bisa di-share ke dalam organisasi yang akan diikuti. 

Forum Muda FTK diprakarsai 5 dewan inti DEMA FTK 2018-2019 : 
1. Muhammad Faisal Akbar 
2. Syifa Mawaddah Pianida 
3. Rizki Maulana 
4. Muhammad Rizqi Raharja 
5. Khairatunnisa 
  

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: