PBAK UIN Antasari Banjarmasin Tingkat Fakultas Tarbiyah & Keguruan Digelar Secara Daring

15 Comments


Sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia,banyak dampak yang terjadi dalam berbagai aspek, salah satunya yaitu aspek pendidikan yang harus terhenti sejenak dan dilaksanakan dengan alternatif lain yaitu melalui daring. Dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi daring menjadi alternatif belajar saat ini, karena untuk menghindari berkumpulnya banyak orang di satu tempat.

Tentu hal ini menghambat program kerja masing-masing lembaga pendidikan. Perguruan tinggi salah satunya, seperti UIN Antasari Banjarmasin yang kini harus melaksanakan agenda tahunan yakni Pengenalan Budaya Akademik & Kemahasiswaan (PBAK) secara ONLINE.

UIN Antasari melaksanakan dua kali PBAK yaitu PBAK tingkat Universitas dan Fakultas. Pembukaan PBAK oleh Rektor UIN Antasari Prof. Dr. H.Mujiburrahman, MA pada tanggal 24 Agustus 2020 beliau membuka dengan mengharap ridha Allah dan kelancaran dalam melaksanakan PBAK tahun ini.

PBAK tingkat Universitas Part 1 telah rampung dilaksanakan oleh Mahasiswa Baru pada tanggal 25-26 Agustus 2020, dilanjutkan tanggal 27 Agustus UIN Antasari gelar PBAK kembali di tingkat Fakultas ada Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi dan Fakuktas dan Bisnis Islam. 

PBAK Fakultas Tarbiyah & Keguruan

Fakultas Tarbiyah & Keguruan melaksanakan pembukaan PBAK Virtual melalui grup WhatApp & Streaaming live youtube pukul 08.00 dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan Kalam Ilahi oleh Muhammad Iqbal. Part 1 (27/08/2020) Part2 (9/09/2020)

M. Rio Rizki Andra ketua Organizing Committe (OC) PBAK 2020 menyampaikan dalam pembicaraannya “PBAK FTK tahun 2020 mengambil tema Terwujudnya Mahsiswa FTK Akademis Yang Organisatoris Serta Unggul Berakhlak” Kata Rio

 “PBAK FTK dibagi 2 part, Part 1 total ada 89 mahasiswa baru.  kemudian, selamat datang dan selamat bergabung Mahasiswa baru FTK, berkat ikhtiar dan perjuangan teman-teman ingin berkuliah di UIN Antasari Banjarmasin kalian menjadi wakil-wakil harapan dari berbagai banyak harapan yang ingin masuk berkuliah tapi kalian yang terpilih mewakili harapan itu. Jadi manfaatkan dengan baik, berjuang kejar serta tingkatkan hard skill dan soft skill kalian nanti” tambah Ketua OC PBAK 2020

M. Aditya Hariyadi ketua Dema FTK 2020 menjelasankan dalam sambutannya “menjadi seorang Mahasiswa adalah menuntun dan menuntut kawan-kawan untuk bisa berprilaku adil terhadap kehidupan. Karena di PBAK inilah kalian harus mengenal sisi baik dan buruk menjadi  seorang Mahasiswa, jangan sampai kalian menjadi mahasiswa yang tidak tahu cara menghadapi keadaan sosial yang hari ini dihadirkan. Dengan mengikuti pembelajaran akademik dengan baik dan tidak meninggalkan organisasi adalah cara meningkatkan kualitas diri kalian.”

Kemudian Ketua Dema FTK 2020 mengucapkan “terimakasih kawan-kawan Mahasiswa Baru dan telah memilih Kampus UIN Antasari Banjarmasin khususnya Fakultas Tarbiyah & Keguruan sebagai tempat untuk berproses dan mencapai cita-cita kawan-kawan”

Prof. Dr. H. Juairiyah, M.Pd. “Selamat datang di kampus Fakultas Tarbiyah & Keguruan, sekarang ananda sudah masuk di kampus yang sudah di impikan. Ibu Berpesan, “Kuliah kita dua bulan pertama september dan Oktober melalui Daring, ikuti kuliah dengan baik dan sesuai arahan dari Dosennya. Kedua, perbanyak membaca sesuai mata kuliahnya baik di buku atau HP, kalian harus pintar mengatur waktu dan menghargai orang lain.”

Dengan khidmat PBAK FTK dibuka oleh Prof. Dr. H. Juairiyah, M.Pd. dengan membaca Basmalah mengharap kelancaran, keberkahan dan keridhaan atas agenda PBAK tahun 2020

Materi PBAK Fakultas Tarbiyah & Keguruan

Materi I oleh Dr. Hairul Hudaya, M. Ag. (Selayang Pandang FTK), materi II oleh Wahyudzi, S. Ag., M. Pd. (Mikwa & Alumni FTK), materi III oleh Arif Rahman Heriansyah S. Pd. I., M. A.  (Organisatoris yang Akademisi), materi IV oleh Dr. Syaiful Bahri Djamarah, M. Ag. (Hak & Kewajiban Mahasiswa FTK), materi V oleh Muhammad Ridha, S. Pd., M. Pd.  (Tradisi literasi untuk generasi milenial), materi VI oleh Ketua Dema FTK & OC PBK (Filosofi Tema PBAK). 

PBAK Fakultas Tarbiyah & Keguruan ditutup dengan video penampilan LSO Fakultas Tarbiyah & Keguruan pukul 16.30 WITA.

Kami Dari Forum Muda FTK mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru. Selamat berproses dan menyiapkan diri untuk menjadi generasi muda yang berkualitas !

Kepada adik-adik, Selamat menjadi keluarga besar Fakultas Tarbiyah & Keguruan 

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

15 komentar: